8 Tempat Hunting Buku di Jakarta

Bagi para penggemar buku, kebiasaan mencari dan hunting buku secara langsung tentu sangat mengasyikan. Toko buku besar, atau toko buku yang ada di Pusat Perbelanjaan (Mall), menjadi salah satu tempat favorit untuk didatangi. Namun, kadang tidak semuanya buku yang dicari tersedia di toko tersebut, terutama buku-buku yang sudah cukup lama terbitnya, termasuk buku-buku lawas dan langka.

Memang, kita bisa mencari buku-buku tersebut dengancara membeli via online, baik melalui social media (facebook, instagram, twitter dan website toko) hingga di market place. Namun tetap ada “kepuasan” tersendiri jika kita mencarinya secara langsung.

Nah, bagi kalian yang ingin hunting buku di Jakarta, ada sejumlah spot di sejumlah titik/lokasi yang bisa dikunjungi, diantaranya:

  1. Blok M Square
    Kumpulan pedang di tempat ini berada di lantai dasar (basement) pusat perbelanjaan Blok M Square, Jalan Melawai V, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tempat penjualan buku bekas ini menjadi salah satu yang cukup populer di kawasan Ibukota karena lokasinya yang mudah dijangkau. Seperti diketahui, kawasan Blok M merupakan pusat bertemunya moda transportasi. Di Blok M Square kamu bisa mencari beragam buku, baik itu dalam kondisi bekas maupun baru. Jenisnya juga bervariasi, mulai dari buku pelajaran sekolah, majalah, novel, komik, bahkan buku-buku yang terbilang langka. Harga buku yang ditawarkan pun cukup terjangkau, bahkan pembeli bisa melakukan penawaran. Kamu bisa mengunjungi tempat ini setiap harinya, sejak pukul 10.00 – 19.00 WIB.
  2. Pusat Buku Kwitang
    Pusat penjualan buku populer ini berada tepat di Jalan Kwitang Raya, Kwitang, Jakarta Pusat. Era 80-an hingga 90-an Kwitang menjadi tempat favorit warga Jakarta mencari bahan bacaan. Meski kini, sebagian besar pedagang buku di sini memang sudah pindah ke lokasi lain, namun tempat ini masih dihuni oleh sejumlah pedagang yang masih setia untuk berjualan buku di sana. Kwitang buka sejak pukul 09.00 – 19.00 WIB dan di tempat ini kamu bisa menemukan berbagai buku berkualitas hingga yang langka sekalipun.
  3. Pusat Buku Terminal Senen
    Lokasi penjualan buku ini berada tepat di Terminal Senen, Jakarta Pusat dan buka setiap hari sejak pukul 09.00 – 17.00 WIB. Berbagai buku bekas yang berkualitas bisa ditemukan di tempat ini, lengkap dengan harga yang terbilang cukup murah. Selain itu, ada juga sejumlah buku keluaran baru juga bisa kamu temukan dan beli dengan harga yang masih terjangkau. Jangan khawatir, jika kamu pintar menawar maka kamu akan mendapatkan harga yang murah.
  4. Pasar Buku Jatinegara
    Lokasi ini memang tidak secara khusus menjual buku saja, namun cukup banyak lapak buku yang bisa kamu temukan di sana. Berada tepat di Jalan Matraman Raya, RT.7/RW.6, Bali Mester, Jatinegara, Jakarta Timur, tempat penjualan buku ini sudah bisa kamu kunjungi sejak pukul 09.00 – 22 WIB setiap harinya. Temukan berbagai buku bekas atau cetakan baru dengan harga yang masih terbilang murah. Selain itu, juga banyak menyediakan majalah dan buku-buku langka.
  5. Sarang Buku Pasar Festival
    Sarang Buku ini terletak di Pasar Festival, Jl. HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan. Tempat ini menyediakan berbagai jenis buku, seperti: novel, buku sejarah, buku sastra, dan yang lainnya. Tempat ini sudah buka sejak pukul 07.00 – 22.00 WIB dan akan menjadi tempat yang tepat untuk pecinta buku yang menginginkan buku dengan harga terjangkau.
  6. Galeri Buku Bengkel Deklamasi TIM (Taman Ismail Marzuki)
    Tempat ini berada di Kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Lokasi ini secara khusus banyak menyediakan beragam buku sastra dan juga budaya yang cukup lengkap, sehingga akan menjadi tempat yang tepat untuk kamu pecinta karya sastra. Berbagai buku berkualitas dijual di sini dan bisa kamu tawar dengan leluasa. Tempat ini sudah buka sejak pukul 10.00 – 19.00 WIB.
  7. Toko Buku Kenari
    Terletak di Jalan Raya Salemba Raya, tidak jauh dari kampus UI Salemba. Toko buku kenari ini lumayan nyaman. Lokasi Toko berada didalam gedung pasar kenari, dengan akses jalan cukup strategis. Tersedia beragam buku bacaan dan buku-buku pelajaran. Toko buku ini diresmikan oleh Gubernur Jakarta, Anies Baswedan pada April 2019.
  8. Lorong Buku Batavia (LOBUBA)
    Toko buku bekas, lawas, langka dan buku baru ini berada di Jalan Basuki Rahmat No. 4, Cipinang Besar Selatan Jakarta Timur. Menuju ke lokasi ini aksesnya cukup mudah, karena dilintasi dengan jalan besar yang menjadi penghubung Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, hingga Bekasi. Jalannya juga dilalui moda transportasi umum, seperti TransJakarta dan JakLinko. Bagi yang ingin mengaksesnya melalui jalur KRL atau CommuterLine juga bisa. Toko buku ini menyediakan berbagai buku bekas berkualitas dengan harga yang terjangkau dan bisa ditawar. Kamu bisa mengunjungi tempat ini sejak pukul 10.00 hingga 20.00 WIB setiap harinya.

[Tim-Psgw/med/foto:istimewa]

Share and Enjoy !

Shares
  • Related Posts

    Apresiasi Sapardi Djoko Damono, “Lorong Buku Batavia” Gelar Baca Puisi Hujan Bulan Juni

    Dalam rangka mengapresiasi karya penyair dan sastrawan ternama Sapardi Djoko Damono (SDD), Komunitas Literasi “Lorong Buku Batavia” menggelar malam baca puisi “Hujan Bulan Juni”, Jumat (7/06) di area Lorong Batavia…

    MUI Depok Luncurkan Buku Islam Wasathiyyah

    Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Jawa Barat meluncurkan buku berjudul “Islam Wasathiyyah Di Depok” yang berisi gambaran kehidupan Islami yang moderat di kota tersebut. “Melihat judul buku itu saya…

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You Missed

    Apresiasi Sapardi Djoko Damono, “Lorong Buku Batavia” Gelar Baca Puisi Hujan Bulan Juni

    • By admin
    • June 11, 2024
    • 41 views
    Apresiasi Sapardi Djoko Damono, “Lorong Buku Batavia” Gelar Baca Puisi Hujan Bulan Juni

    Juni, Bulannya Sang Maestro, Sapardi Djoko Damono

    • By admin
    • June 1, 2024
    • 170 views
    Juni, Bulannya Sang Maestro,  Sapardi Djoko Damono

    RESENSI : Kesaksian Korban Pelanggaran HAM

    • By admin
    • May 23, 2024
    • 63 views
    RESENSI : Kesaksian Korban Pelanggaran HAM

    MUI Depok Luncurkan Buku Islam Wasathiyyah

    • By admin
    • May 6, 2024
    • 51 views
    MUI Depok Luncurkan Buku Islam Wasathiyyah

    Hari Buku Sedunia, Ikapi Singgung Sikap Permisif atas Pelanggaran Hak Cipta

    • By admin
    • April 24, 2024
    • 41 views
    Hari Buku Sedunia, Ikapi Singgung Sikap Permisif atas Pelanggaran Hak Cipta

    Buku adalah Senjata

    • By admin
    • February 16, 2024
    • 50 views
    Buku adalah Senjata