Festival Masjid Pantai Bali Jadi Ruang Kebersamaan Umat Beragama

Yayasan Masjid Pantai Nusantara dan DKM Masjid Pantai Bali menggelar kegiatan Festival Masjid Pantai Bali di Pantai Kwanji, Desa Cupel, Jembrana, Bali pada 3-6 Agustus 2023. Dalam festival ini digelar berbagai kegiatan, seperti Lomba Perahu Layar (Jukung), Lomba Dayung Sampan (Omplok), Nelayan Beauty Contest, Pawai Nelayan, Gelar Seni Islami, Lomba Mancing Mania, Penanaman Pohon Kurma, Santunan Anak Yatim, dan Tabligh Akbar.

Ketua Divisi Pengembangan Bisnis Yayasan Masjid Pantai Nusantara, Imam Purnama mengatakan Festival Masjid Pantai ini menjadi ruang kebersamaan umat beragama. Keberadaan semangat toleransi yang dijunjung tinggi oleh tim Masjid Pantai Bali diyakini akan memberikan angin segar bagi industri pariwisata Bali dan mengembalikan semangatnya pascapandemi Covid-19.

“Momentum Festival Masjid Pantai ini menjadi ruang kebersamaan berbagai umat beragama untuk maju bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Imam dalam siaran pers yang diterima redaksi, Senin (7/8/2023).

Ketua Panitia Festival Masjid Pantai Bali Arsudin Jogir menggarisbawahi pentingnya toleransi dengan melibatkan warga non-Muslim dan menghadirkan elemen kearifan lokal Bali dalam desain gerbang Paser Festival Masjid Pantai Bali. Upaya tersebut diharapkan juga dapat menarik minat pengunjung festival untuk lebih memahami kekayaan budaya dan harmoni agama yang ada di Bali.

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) provinsi Bali Ustadz Bambang Santoso juga menekankan toleransi yang melekat dalam Islam. Ia pun mendorong umat Islam untuk berkolaborasi dengan pemeluk agama lain dalam berbagai aspek kehidupan, seperti ekonomi, urusan sosial, budaya, dan membangun bangsa.

Jembrana sendiri telah menunjukkan contoh indah tentang toleransi beragama, yang membawa kebahagiaan bagi semua, sejalan dengan motto wilayah tersebut: “Jembrana Emas 2026,” dengan gerakan “Salam Bahagia” bersama “menyame braye” yang bermakna hidup bersaudara berdampingan.

Dalam momen festival ini, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengapresiasi konsep “Smart Mosque” Masjid Pantai Bali yang disampaikan Ketua Yayasan Masjid Pantai Nusantara, Firmansyah Dimmy. Konsep tersebut mencakup lima E, yaitu Edukasi, Ekologi, Ekonomi, Empati, dan Estetika, yang diwujudkan melalui acara penanaman pohon kurma.

“Inilah masjid seperti yang saya inginkan,” ucap I Nengah Tamba pada Ahad (6/8/2023).

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) provinsi Bali KH Masrur Makmur memberikan apresiasi kepada tokoh milenial Bali, seperti Luh Putu Diah Puspayanthi, seorang inovator dan motivator dalam bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang aktif dalam mendukung program-program ekonomi bagi jamaah Masjid Pantai Bali.

Sedangkan arsitek Masjid Pantai Bali, Joni Koto membagikan visi untuk menciptakan “Taman Toleransi” dan sebuah gedung pendukung yang terinspirasi dari bentuk Sawah Subak di Bali, sistem pertanian terasering dan pengaturan air yang bijaksana.

Fasilitas multifungsi ini akan membuka peluang bagi non-Muslim untuk terlibat dalam berbagai kegiatan ekonomi, sosial, dan masyarakat, termasuk usaha bisnis, klinik, layanan sosial, pendidikan, pelatihan, museum, pusat teknologi, hingga mitigasi bencana.

sumber : Antara, foto: foursquare

Share and Enjoy !

Shares

Related Posts

Apresiasi Sapardi Djoko Damono, “Lorong Buku Batavia” Gelar Baca Puisi Hujan Bulan Juni

Dalam rangka mengapresiasi karya penyair dan sastrawan ternama Sapardi Djoko Damono (SDD), Komunitas Literasi “Lorong Buku Batavia” menggelar malam baca puisi “Hujan Bulan Juni”, Jumat (7/06) di area Lorong Batavia…

MUI Depok Luncurkan Buku Islam Wasathiyyah

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Jawa Barat meluncurkan buku berjudul “Islam Wasathiyyah Di Depok” yang berisi gambaran kehidupan Islami yang moderat di kota tersebut. “Melihat judul buku itu saya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Apresiasi Sapardi Djoko Damono, “Lorong Buku Batavia” Gelar Baca Puisi Hujan Bulan Juni

  • By admin
  • June 11, 2024
  • 40 views
Apresiasi Sapardi Djoko Damono, “Lorong Buku Batavia” Gelar Baca Puisi Hujan Bulan Juni

Juni, Bulannya Sang Maestro, Sapardi Djoko Damono

  • By admin
  • June 1, 2024
  • 169 views
Juni, Bulannya Sang Maestro,  Sapardi Djoko Damono

RESENSI : Kesaksian Korban Pelanggaran HAM

  • By admin
  • May 23, 2024
  • 62 views
RESENSI : Kesaksian Korban Pelanggaran HAM

MUI Depok Luncurkan Buku Islam Wasathiyyah

  • By admin
  • May 6, 2024
  • 50 views
MUI Depok Luncurkan Buku Islam Wasathiyyah

Hari Buku Sedunia, Ikapi Singgung Sikap Permisif atas Pelanggaran Hak Cipta

  • By admin
  • April 24, 2024
  • 40 views
Hari Buku Sedunia, Ikapi Singgung Sikap Permisif atas Pelanggaran Hak Cipta

Buku adalah Senjata

  • By admin
  • February 16, 2024
  • 49 views
Buku adalah Senjata