Minat Baca Rendah, GPMB Sumut Membentuk Satgas Literasi

Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengajak Pengurus GPMB Kabupaten/Kota se-Sumut untuk terus mengkampanyekan program berkelanjutan gemar membaca di masyarakat, melalui pembentukan Satgas GPMB hingga tingkat kecamatan dan desa.

” GPMB sebagai mitra pemerintah memiliki tanggung jawab mendorong semangat berliterasi di masyarakat hingga ke polosok desa,” kata Nawal Lubis, usai melantik PD GPMB Kabupten Asahan, Labuhanbatu Utara (Labura) dan Kabupaten Padanglawas (Palas) periode 2023 – 2027 yang juga dirangkai dengan Rakor GPMB Sumut dan pelantikan relawan literasi Sumut di Ballroom Sudirman Hotel Le Polonia Medan, Jalan Sudirman Nomor 14 Medan, Selasa (11/7)

Turut hadir Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpusnas Adin Bondar, Ketua Umum GPMB Pusat Tjahyo Suprayogo, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Dwi Endah Purwanti, Kepala Balai Bahasa Sumut Hidayat Widiyanto, Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi PT Bank Sumut Arieta Aryanti.

Menurut Nawal Lubis di era teknologi dan informasi yang begitu cepat, masyarakat perlu dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan, kecakapan diri dan kompetensi, sehingga literasi sangat dibutuhkan, agar tidak tergilas oleh perubahan yang terjadi.

” Dengan literasi kita bisa menambah banyak ilmu pengetahuan, wawasan, keterampilan, meningkatkan kemampuan berbahasa verbal dan tulisan. Jadi minat baca ini berpengaruh kepada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) suatu daerah untuk meraih kesuksesan,” jelas Nawal Lubis.

Selain itu, disampaikan juga saat ini telah terbentuk enam PD GPMB Kabupaten/Kota se-Sumut yakni GPMB Kabupaten Batubara, Tapanuli Selatan, Kabupaten Serdangbedagai, Nias Utara dan Kabupaten Simalungun.
” Hari ini kita menambah tiga kepengurusan GPMB di Sumut, saya berharap semangat berliterasi benar-benar hadir dan berkembang di seluruh pelosok Sumut hingga SDM kita bisa lebih baik lagi,” harap Nawal Lubis.

Pada kesempatan tersebut juga, Nawal Lubis menerima bantuan CSR dari PT Bank Sumut berupa 10 unit gerobak baca yang diserahkan Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi PT Bank Sumut Arieta Aryanti untuk didistribusikan ke Kabupaten Asahan, Labuhanbatu Utara, Padanglawas, Simalungun, Pematangsiantar, Nias Barat, Nias Selatan dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut.

Ketua GPMB Pusat Tjahyo Suprayogo mengatakan, daerah atau negara yang maju dapat dipastikan minat baca masyarakat tinggi. Karena itu ketua beserta seluruh pengurus GPMB Sumut harus benar-benar bisa berinovasi dan berkreasi untuk dapat mewujudkan visi misi pembentukan GPMB.
” Saya melihat geliat sense of belonging GPMB Provinsi dan Kabupaten/ Kota untuk memajukan litetasi di Sumut, Saya sangat apresiasi kerja sama perpustakaan, GPMB Kabupaten/Kota dan penggiat literasi melahirkan minat baca di kalangan masyarakat,” katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Dwi Endah Purwanti mengatakan, pelantikan PD GPMB Kabupaten/Kota bisa meningkatkan minat baca masyarakat di Sumut sejak dini, serta berharap kolaborasi perpustakaan dan kepengurusan GPMB Sumut dan Kabupaten/Kota bisa terus berjalan untuk mengembangkan literasi di Sumut.

Adapun nama pengurus GPMB yang dilantik untuk kepengurusan 2023 – 2027 yakni GPMB Kabupaten Asahan, Ketua Titiek Sugiharti, Sekretaris Nurasyah Harahap, Bendahara Yusnizar. GPMB Kabupaten Labuhanbatu Utara, Ketua Rama Dhona Sihombing, Sekretaris Siti Mahanim, Bendahara Hasyim dan GPMB Kabupaten Padanglawas, Ketua Ema Nurul Zarwati, Sekretari Nelly Suryani Hasibuan, Bendahara M Faisal Amrin Siregar. **(H20/DISKOMINFO SUMUT)

Share and Enjoy !

Shares

Related Posts

Apresiasi Sapardi Djoko Damono, “Lorong Buku Batavia” Gelar Baca Puisi Hujan Bulan Juni

Dalam rangka mengapresiasi karya penyair dan sastrawan ternama Sapardi Djoko Damono (SDD), Komunitas Literasi “Lorong Buku Batavia” menggelar malam baca puisi “Hujan Bulan Juni”, Jumat (7/06) di area Lorong Batavia…

MUI Depok Luncurkan Buku Islam Wasathiyyah

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Jawa Barat meluncurkan buku berjudul “Islam Wasathiyyah Di Depok” yang berisi gambaran kehidupan Islami yang moderat di kota tersebut. “Melihat judul buku itu saya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Apresiasi Sapardi Djoko Damono, “Lorong Buku Batavia” Gelar Baca Puisi Hujan Bulan Juni

  • By admin
  • June 11, 2024
  • 41 views
Apresiasi Sapardi Djoko Damono, “Lorong Buku Batavia” Gelar Baca Puisi Hujan Bulan Juni

Juni, Bulannya Sang Maestro, Sapardi Djoko Damono

  • By admin
  • June 1, 2024
  • 170 views
Juni, Bulannya Sang Maestro,  Sapardi Djoko Damono

RESENSI : Kesaksian Korban Pelanggaran HAM

  • By admin
  • May 23, 2024
  • 63 views
RESENSI : Kesaksian Korban Pelanggaran HAM

MUI Depok Luncurkan Buku Islam Wasathiyyah

  • By admin
  • May 6, 2024
  • 51 views
MUI Depok Luncurkan Buku Islam Wasathiyyah

Hari Buku Sedunia, Ikapi Singgung Sikap Permisif atas Pelanggaran Hak Cipta

  • By admin
  • April 24, 2024
  • 41 views
Hari Buku Sedunia, Ikapi Singgung Sikap Permisif atas Pelanggaran Hak Cipta

Buku adalah Senjata

  • By admin
  • February 16, 2024
  • 50 views
Buku adalah Senjata